Prosiding Pendidikan Sains
2015: Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ANDROID TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA

Prasetyo, Yogo D. (Unknown)
Yektyastuti, Resti (Unknown)
Solihah, Mar’attus (Unknown)
Ikhsan, Jaslin (Unknown)
Sugiyarto, Kristian H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2015

Abstract

Penggunaan media berbasis ICT (Information and Comunication Technology) pada perangkat android saat ini menjadi tren dalam penelitian pendidikan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran kimia berbasis android dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-pretest-control group design. Subjek penelitian adalah SMAN 1 Banguntapan Yogyakarta yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dengan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis nilai gain-nya untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis android dapatmemberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa SMA.

Copyrights © 2015