Setiap guru memiliki tanggung jawab penjelasnya sendiri, serta juga memiliki tanggung jawab untuk menyajikan karya mengajarnya yang mendukung pengaturan maupun peningkatan perilaku siswa.Pembentukkan kepribadian peserta didik harus dilakukan sejak usia dini, agar mereka dapat memiliki kepribadian muslim yang mulia sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah SAW serta mampu menjauhi akhlak yang buruk. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran, metode, faktor pendukung, dan faktor penghambat pengajar Akidah Akhlak dalam memperbaiki Akhlak siswa Mts Anwarul Hidayah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dan kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa dalam meningkatkan perilaku siswa MTs Anwarul Hidayah sangat efektif. Hal ini terlihat dari upaya dalam pengajaran dan praktik yang diterapkan oleh para guru Akidah Akhlak. Metode yang digunakan adalah tanya jawab, diskusi, ceramah, serta memberikan arahan atau contoh yang baik. faktor pendukung adalah fasilitas madrasah, buku panduan, dan pengajar yang profesional dalam bidangnya masing-masing. Sedangkan faktor penghambat adalah siswa dari latar belakang yang berbeda, kurangnya orang tua untuk mengasuh anak-anak mereka, dan lingkungan yang tidak baik
Copyrights © 2024