JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 17 No 2 (2023): SEPTEMBER 2023

Pengaruh Digital Marketing dan E-Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Keputusan Pembelian

Maria, Hana Diana (Unknown)
Kusumah, Firdan Gusmara (Unknown)
Sudianto, Sudianto (Unknown)
Pamungkas, Adie (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2023

Abstract

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terhadap penduduk Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya menunjukan bahwa adanya peran digitalisasi dalam pertumbuhan sektor industri kuliner. Penelitian yang dilakukan berfokus pada tujuan seberapa besar pengaruh pemasaran digital (digital marketing) dan e-word of mouth terhadap minat beli dan keputusan pembelian khususnya pada pengguna platform pesan antar makanan dan minumanan online. Populasi penelitian mencakup masyarakat Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Sampel berjumlah 390 responden. Teknik sampling yang diambil adalah teknik simple random sampling. Total populasi berjumlah 14.544 orang. Data penelitian berdasarkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh parsial antar variabel. Digital marketing memiliki pengaruh positif dan signifikan baik terhadap minat beli maupun keputusan pembelian, variabel minat beli memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian, e-word of mouth (e-wom) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli namun menunjukkan pengaruh yang signifikan tetapi bersifat negatif terhadap variabel keputusan pembelian.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...