Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan matematis dan sikap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasikan artikel-artikel yang terkait dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan matematis dan sikap siswa. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 10 artikel jurnal nasional 7 tahun terakhir yang diperoleh dari google scholar. Berdasarkan kajian literatur yang dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan presentase pembelajaran matematika sebelum dan sesudah diterapkannya model Problem Based Learning. Penerapan model problem-based learning dalam pembelajaran matematika dapat (1) meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (2) meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (3) meningkatkan hasil belajar, (4) meningkatkan prestasi belajar, (5) meningkatkan literasi matematis, (6) meningkatkan komunikasi matematis, (7) meningkatkan kemandirian belajar, (8) meningkatkan minat belajar, (9) meningkatkankan motivasi belajar, serta (10) meningkatkan keaktifan pembelajaran. Dari hasil ini membuktikan bahwa model pembelajaran problem-based learning membawa pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan matematis dan sikap siswa.
Copyrights © 2024