Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2024): November 2024

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Pendekatan Etnomatematika

Martir , Luxcya (Unknown)
Beku, Veronika Yuliana (Unknown)
Wewe, Melkior (Unknown)
Dhiu, Ludgardis Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana upaya penggunaan pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan keterampilan berpikir matematis siswa SDI Rutosoro. Studi yang digunakan adalah Studi Tindakan Kelas dengan jenis data kuantitatif. Studi ini dilaksanakan di SDI Rutosoro. Studi ini mempelajari pengetahuan, konsep, atau hasilnya dengan tujuan untuk memberikan informasi teoritis dan ilmiah tentang etnomatematika dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis. Dengan perbaikan kurikulum, pendekatan, dan model pembelajaran yang diterapkan, siswa telah dimotivasi untuk belajar matematika. Salah satu upaya yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa adalah pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Ini telah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa, yang menunjukkan bahwa etnomatematika mempengaruhi kemampuan matematis mereka. Ini termasuk kemampuan mereka untuk memahami dan menerapkan konsep matematis, membuat eksplorasi (perkiraan), mengidentifikasi, menerjemahkan, dan menafsirkan makna simbol, dan memperoleh nilai yang lebih besar dari apa yang mereka pelajari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...