El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak
Vol. 3 No. 2 (2023): El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak

Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini melalui Konsep Metode Uswatun Hasanah

Muhit, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Uswatun hasanah adalah istilah dalam bahasa Arab yang dapat diterjemahkan sebagai "teladan yang baik" atau "contoh yang baik". Dalam konteks pendidikan akhlak untuk anak usia dini, metode uswatun hasanah mengacu pada pendekatan yang menekankan pada memberikan teladan positif dan mengembangkan karakter moral dan etika melalui contoh-contoh yang baik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan library research atau penelitian tinjauan pustaka dengan mengutip dari berbagai macam sumber referensi tentang pendidikan akhlak anak usia dini dengan menggunakan metode uswatun hasanah. Studi ini menunjukkan bahwa guru mencontohkan tawadhu' melalui kebiasaan apabila bertemu dengan guru atau atasan; mencontohkan tawadhu' dengan menghargai pendapat orang lain sehingga mereka tidak merasa seperti yang terbaik; dan mengajak orang untuk sholat berjamaah. Penggunaan metode uswah hasanah untuk mencontohkan rasa tanggung jawab kepada siswa dengan mencontohkan sikap tolong menolong, melakukan kunjungan atau menjenguk siswa yang sakit atau terkena musibah, dan mematuhi peraturan sekolah dan agama. Di antara faktor pendukungnya adalah kesadaran siswa, contoh guru, kerja sama dan dukungan orang tua, dan sarana dan prasarana. Faktor penghambatnya adalah sebagai berikut: Penyalahgunaan perangkat; Lingkungan siswa; Latar belakang yang berbeda, dan Pengawasan sekolah yang terbatas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elathfal

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The focus of El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak publishes articles based on research from researchers, teachers, lecturers, students, and education observers. The articles published in the Journal include the results of the quantitative research, qualitative research, conceptual, ...