ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 8 No 2 (2024): AGUSTUS

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN BERBASIS BUKTI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Ghozali, Bob Syahrizal (Unknown)
Supeno (Unknown)
Farisi, Mohammad Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis google sites untuk meningkatkan kemampuan penalaran berbasis bukti pada siswa SD Al-Furqon Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan tahapan meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada uji validitas, uji kepraktisan, dan uji efektifitas. Analisis hasil tes kemampuan penalaran berbasis bukti menggunakan analisis n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas e-modul berbasis google sites adalah 95,2 % dengan kategori sangat valid. Uji kepraktisan dengan respon siswa terhadap penggunaan e-modul interaktif sebesar 93,5% dengan kriteria sangat baik, dan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul berbasis google sites sebesar 93,2% dengan kategori sangat efektif. Hasil analisis n-gain menunjukkan penggunana e-modul berbasis google sites dapat meningkatkan kemampuan penalaran berbasis bukti sebesar 0,96 dengan kategori tinggi. Implikasi penelitian ini hasil pengembangan e-modul berbasis Google Sites dapat menjadi alternatif pendukung pembelajaran, untuk meningkatkan kemampuan penalaran berbasis bukti dan memberikan kemudahan serta membangun pengetahuan peserta didik dalam memahami materi IPA. Kata Kunci: E-Modul, Google Sites, Kemampuan Penalaran Berbasis Bukti, Pembelajaran IPA

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...