IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 7 No. 1 (2024): JULI 2024

Pengembangan Aplikasi Belajar Ayo Bertaubat (ABT) Pada Muatan Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X Di MAN Palopo

Fahrani Adelia Putri (Unknown)
Muchtar, Rifanisa (Unknown)
Neta Maharani (Unknown)
Madinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Pengembangan aplikasi pembelajaran "Ayo Bertaubat (ABT)" berbantuan Canva dan Smart Apps Creator (SAC) untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN Palopo. Aplikasi ABT dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang mencakup tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil validasi ahli media menunjukkan persentase kevalidan sebesar 100% dengan kategori “Sangat Valid”, sedangkan validasi ahli materi memperoleh persentase kevalidan sebesar 92,56% dengan kategori “Sangat Valid”. Uji coba pada 24 siswa kelas XE di MAN Palopo juga menunjukkan hasil yang sangat positif dengan persentase kevalidan sebesar 86% dalam kategori “Sangat Valid”. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi ABT yang dikembangkan layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran Akidah Akhlak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...