Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam
Vol 2 No 1 (2024): Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)

Qori Maulida, Gusti (Unknown)
Kamal, Muhiddinur (Unknown)
Oktavia, Titin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Pendidikan agama Islam memegang peran penting dalam memperkuat keimanan dan ketakwaan serta mempromosikan nilai-nilai inklusif, rasional, dan filosofis untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan mewujudkan nasionalisme serta persatuan dalam masyarakat. Dalam konteks implementasi, model pembelajaran yang tepat diperlukan untuk menjaga minat dan keterlibatan siswa agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tersebut memberikan kontribusi positif terhadap keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dengan merancang, menerapkan, dan mengevaluasi model pembelajaran yang sesuai, guru dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan mencapai tujuan pendidikan agama Islam secara lebih baik. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan lebih lanjut dalam pendidikan agama Islam, dengan menekankan pentingnya perencanaan, implementasi, dan evaluasi model pembelajaran yang relevan dan efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

murid

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Other

Description

Murid : Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam merupakan jurnal online dengan fokus mempublikasikan artikel berbasis penelitian yang berkaitan dengan Pemikiran Islam yang memuat kajian-kajian keislaman dalam ruang lingkup ilmu Ushuluddin, Syari’ah, Tarbiyah, Psikologi Islam, Adab, Dakwah, dan ...