Program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dilaksanakan oleh perguruan tinggi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswa dan untuk mendapat nilai tambah yang lebih besar pada pendidikan tinggi. Program KKL adalah pembelajaran yang berlangsung di luar kelas juga dapat dikatakan sebagai karyawisata yang sebenarnya yang berhubungan dengan pelajaran tertentu. Penelitian evaluasi ini menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick level 1 (Reaksi) dan level 2 (Pembelajaran). Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 dan 5 IKIP PGRI Pontianak. Teknik pengumpulan data berupa angket yang dieda via google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program Kuliah Kerja Lapangan dengan model Kirkpatrick level 1 (reaksi) dan level 2 (belajar) mendapatkan hasil positif dari mahasiswa. Dari level 1 dan level 2 menunjukkan bahwa tingkat pengalaman pembelajaran, keikutsertaan dan respon mahasiwa selama mengikuti program Kuliah Kerja Lapangan begitu antusias dan program ini dapat meningkatkan pemahaman dalam mengkaji ilmu di kelas dan luar kelas. Mahasiswa mampu memberikan reaksi dan pembelajaran yang positif pada dasarnya merupakan evaluasi terhadap kepuasan peserta KKL terhadap kegiatan KKL yang diikuti menjadi lebih baik. Kata Kunci: Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Model Kirkpatrick
Copyrights © 2024