Jurnal Kependidikan
Vol. 8 No. 2 (2023): Jurnal Kependidikan

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN I-CLORE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN MENANAMKAN KARAKTER RAKAT MUFAKAT

Fitriah, Lutfiyanti (Unknown)
Agustina, Agustina (Unknown)
Megawati, Megawati (Unknown)
Malinda, Malinda (Unknown)
Azahra, Ajeng Cyntia (Unknown)
Yahya, Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan kognitif mahasiswa calon guru, khususnya pada topik suhu dan kalor. Selain itu, karakter rakat mufakat mahasiswa juga masih perlu dipupuk agar mereka memiliki karakter yang bersumber dari kearifan lokal. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran I-CLORE (Islamic-Connecting to Local Wisdom, Organizing, Reflecting, dan Extending) dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan menanamkan karakter rakat mufakat. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 yang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar 1. Data diperoleh melalui pretes, posttes, dan survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa N-Gain kemampuan kognitif setelah belajar dengan model pembelajaran I-CLORE sebesar 0,68 berkategori medium dan rata-rata karakter rakat mufakat mahasiswa sebesar 4,44 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan menanamkan karakter rakat mufakat. Jadi, model pembelajaran I-CLORE dapat digunakan di perkuliahan Fisika Dasar 1, khususnya pada topik suhu dan kalor.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...