Jurnal Kependidikan
Vol. 9 No. 1 (2024): Jurnal Kependidikan

PENGEMBANGAN EXPERIENTIAL LEARNING MODEL BERBASIS COLABORATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN BUDAYA SISWA

Suharli, Suharli (Unknown)
Iksan, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengembangan model pembelajaran experiental berbasis kolaboratif problem solving untuk meningkatkan kecerdasan budaya siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Rancangan penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah research and development. Pada penelitian ini peneliti hanya melaksanakannya sampai pada tahap kedua yaitu proses pengembangan. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, hasil uji pakar, dan uji coba terbatas terhadap desain awal Model Pembelajaran Eksperiental Learning Berbasis Colaborative Problem Solving (ELCOPS) yang dirancang, dapat memfasilitasi siswa menguasai materi pelajaran sebagai upaya meningkatkan kecerdasan budaya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kependidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Kependidikan adalah jurnal ilmiah yang berisikan informasi dan menyebarluaskan hasil peneltian, studi letaratur, ide-ide atas karya inovatif di bidang pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan konstribusi positif di bidang pendidikan bagi sekolah maupun perguruan tinggi menjadi fokus ...