Microteaching merupakan mata kuliah yang mewadahi mahasiswa calon guru sebelum menempuh Praktik Pembelajaran Lapangan (PPL) oleh Lembaga Pendidikan Tinggi Keguruan (LPTK). Khususnya bagi mahasiswa calon guru MI/SD sebagai guru kelas yang dituntut memiliki kemampuan memahami materi seluruh mata pelajaran. Kaitannya dengan kompetensi professional yang dicapai melalui kemampuan keterampilan mengajar yaitu keterampilan menjelaskan dalam rangka untuk menyampaikan materi pada siswa. Tujuan penelitian ini mengetahui microteaching sebagai mata kuliah wajib melatih keterampilan menjelaskan untuk mengasah kompetensi professional guru. Fokus penelitian ini mengenai kompetensi professional guru, kegiatan microteaching, keterampilan menjelaskan dan domain aspek kognitif Bloom. Jenis penelitian kualitatif dengan metode literatur review. Studi kepustakaan ini mencakup jurnal penelitian 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa microteaching tidak menjadi satu-satunya cara melatih keterampilan menjelaskan namun, mahasiswa sudah terlatih keterampilan menjelaskan melalui penggunaan metode presentasi, demonstrasi maupun tanya jawab sejak mahasiswa menempuh pendidikan di LPTK. Mata kuliah yang diampu memiliki karakteristik menyiapkan mahasiswa calon guru menjadi guru professional yang efektif dan efisien.
Copyrights © 2024