Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Pengaruh Model Student Achievement Division Berbantuan Multiply Cards Terhadap Kemampuan Berhitung Siswa

Ufaiwiyah, Futhoirotul (Unknown)
Suryawan, Ari (Unknown)
Purwandari, Septiyati (Unknown)
Kurniawati, Oktavia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media pembelajaran Multiply Cards terhadap kemampuan berhitung siswa kelas III MI Muhammadiyah Al Muttaqien Kabupaten Sleman. Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa dengan model STAD. Penelitian menggunakan metode kuantitatif desain pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian populasi karena semua siswa kelas III menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berupa 30 soal pilihan ganda yang dijadikan sebagai soal pretest dan posttest siswa. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Keseluruhan data berdistribusi normal ditunjukkan dengan uji normalitas. Uji paired sample t-test menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dimana nilai posttest lebih tinggi dari pada nilai posttest. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial dengan mengguankan uji-t dapat diketahui bahwa t-hitung sebesar 9,302 dengan (df) sebesar 17 pada taraf dignifikasi 0,05 diperoleh ttabel 2,110. Maka thitung > ttabel = 9,302 > 2,110 maka diperoleh 0,00 < 0,05 dengan demikian  diterima dan  ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media pembelajaran Multiply Cards efektif diterapkan karena dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III MI Muhammadiyah Al Muttaqien Kabupaten Sleman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...