Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Konsep Sistem Among dalam Membentuk Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Mahmudah, Indri (Unknown)
Fahreza, Muhammad Aditya (Unknown)
Akhsan, Hamdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Pendidikan memiliki peran krusial dalam perkembangan negara, terutama dalam meningkatkan kualitas pendidikan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk menjadikan bangsa yang berbudaya dan beradap dengan menanamkan nilai kepedulian, kecerdasan, dan kepekaan terhadap negara dan bangsa.  Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi konsep dan penerapan sistem among dalam pendidikan karakter menurut pemikiran Ki Hadjar Dewantara, serta implikasinya di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka atau kajian literatur dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber, termasuk karya-karya tulis Ki Hadjar Dewantara sebagai sumber primer, serta buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan sebagai sumber sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem among mengedepankan prinsip asah, asih, dan asuh, serta menekankan peran guru sebagai teladan yang menginspirasi dan fasilitator pembelajaran. Dalam penerapannya di sekolah dasar, sistem among berfokus pada pengembangan potensi individu siswa melalui kebebasan belajar yang dipandu oleh guru. Pendidikan karakter dalam sistem among melibatkan integrasi nilai-nilai moral seperti kebenaran, kejujuran, dan kasih sayang dalam seluruh kegiatan sekolah, baik di dalam maupun di luar kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem among dapat memberikan fondasi yang kuat bagi pengembangan karakter siswa, membekali mereka dengan nilai-nilai moral yang relevan untuk kehidupan di abad ke-21, serta menciptakan lingkungan pendidikan yang humanis dan inspiratif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...