Anak kelas 1 dan 2 SD/MI dalam kemampuan membacanya belum semuanya bisa, dan cepat merasa bosan dalam pembelajarannya. Penelitian memakai jenis penelitian lapangan dengan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalasis penerapan model make a match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam kemampuan membaca siswa di kelas 1 dan 2 SD/MI. Data-data yang disajikan bentuknya narasi teks. Sumber data penelitian didapat dengan tiga cara berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan tiga tahapan, sebagai berikut: reduksi data, penyajian data yang didapat, serta menyimpulkan datanya. Hasil dari penelitian ini ialah model make a match mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 dan 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, total 20 siswa (15 siswa kelas 1 dan siswa kelas 2) dari 15 siswa kelas 1 yang 13 siswa sudah mampu membaca dan 2 siswa lainnya mengalami keterlambatan belajar karena faktor kemampuan intelegensi, genetik, serta kelurga. Anak-anak juga lebih bersemangat dalam proses pembelajaran, lebih antusias dan aktif. Media yang digunakan berupa bendera huruf vokal, kartu bergambar, dan cup dan kertas bergambar Dan 5 siswa kelas 2 yang belum bisa membaca sebagai kelas pembanding yang tidak menggunakan media make a match dalam belajar membaca. 5 siswa tersebut cukup lamban dalam mengingat bacaan.
Copyrights © 2024