Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Transformasi Pendidikan Dasar Melalui Integrasi Ilmu Pendidikan dan Prinsip-Prinsip Islam: Membentuk Generasi Unggul dan Berakhlak Mulia

Prasetyo, Arif (Unknown)
Shaleh, Shaleh (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Transformasi pendidikan dasar melalui integrasi ilmu pendidikan dan prinsip-prinsip Islam dengan tujuan membentuk generasi unggul dan berakhlak mulia. Dalam konteks pendidikan dasar, integrasi ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip Islam memiliki potensi untuk mengembangkan pendekatan holistik yang mencakup aspek akademik, moral, spiritual, dan sosial dalam proses pembelajaran. Melalui pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip Islam dan penerapannya dalam kurikulum dan pengajaran, artikel ini mengemukakan bahwa integrasi ini dapat memperkuat pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam menerapkan transformasi ini seperti keterbatasan sumber daya, kurikulum tertentu, kesulitan mencari guru ahli integrasi ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip Islam serta perbedaan pemahaman agama antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Oleh karena itu, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelatihan guru agar mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pembelajaran dan menangani tantangan-tantangan tersebut agar transformasi pendidikan dasar sesuai dengan konsep integrasi ilmu pendidikan dan prinsip-prinsip islam lebih efektif dan berkelanjutan di masa depan nanti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...