Transformasi pendidikan dasar melalui integrasi ilmu pendidikan dan prinsip-prinsip Islam dengan tujuan membentuk generasi unggul dan berakhlak mulia. Dalam konteks pendidikan dasar, integrasi ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip Islam memiliki potensi untuk mengembangkan pendekatan holistik yang mencakup aspek akademik, moral, spiritual, dan sosial dalam proses pembelajaran. Melalui pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip Islam dan penerapannya dalam kurikulum dan pengajaran, artikel ini mengemukakan bahwa integrasi ini dapat memperkuat pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa. Namun, terdapat beberapa tantangan dalam menerapkan transformasi ini seperti keterbatasan sumber daya, kurikulum tertentu, kesulitan mencari guru ahli integrasi ilmu pendidikan dengan prinsip-prinsip Islam serta perbedaan pemahaman agama antara satu daerah dengan daerah yang lainnya. Oleh karena itu, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pelatihan guru agar mampu mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam dalam pembelajaran dan menangani tantangan-tantangan tersebut agar transformasi pendidikan dasar sesuai dengan konsep integrasi ilmu pendidikan dan prinsip-prinsip islam lebih efektif dan berkelanjutan di masa depan nanti.
Copyrights © 2024