Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Analisis Pendidikan Humanis Berbasis Kurikulum Merdeka di MI/SD

Prabowo, Irfa’il Mar’ie (Unknown)
Shaleh, Shaleh (Unknown)
Wulandari, Nidya Ferry (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Analisis pendidikan humanis di MI/SD. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan pendidikan humanis berbasis kurikulum merdeka belajar di MI/SD. Metode pada Penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan masih termasuk ke dalam penelitian literatur (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan observasi, penulis juga menggunakan data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pendidikan humanis merupakan kegiatan intrakurikuler yang bertujuan menyelenggarakan kegiatan pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan peserta didik. Adapun penggunaan pendidikan humanis berbasis kurikulum merdeka di MI/SD ini difokuskan pada kegiatan pendidikan di MI/SD, Implementasi pendidikan humanis ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar terhadap peserta didik. Melalui kurikulum merdeka diharapkan proses belajar di jenjang MI/SD menjadi pembelajaran yang menyenangkan sesuai dengan pendidikan humanis yang diperoleh. Dengan menggunakan pendidikan humanis diharapkan peserta didik dapat lebih terlatih untuk menghadapi tantangan yang ada dalam lingkungan kerja, terutama di dunia pendidikan. Tidak hanya itu, adanya pendidikan multikultural yang berbasis kurikulum merdeka ini dapat memperluas jaringan dan kerja sama dengan pihak luar, sehingga kualitas dan mutu pembelajaran dalam pendidikan dapat memiliki kesempatan yang lebih banyak dalam mengembangkan diri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...