Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan mendeskripsikan implementasi Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Tilawati di MI Ma'arif Pagerwojo. Metode Tilawati diterapkan dengan fokus pada pengulangan dan intonasi dalam membaca Al-Qur'an dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman, penghafalan, dan keterampilan membaca peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MI Ma'arif Pagerwojo telah melaksanakan metode Tilawati dengan sungguh-sungguh. Guru-guru terlibat secara aktif dalam memberikan pengajaran, mengaplikasikan pengulangan, dan memberikan bimbingan terhadap intonasi pembacaan. Peserta didik menunjukkan respon positif dan antusiasme yang tinggi terhadap metode ini, meningkatkan motivasi mereka untuk membaca dan menghafal Al-Qur'an. Meskipun demikian, terdapat beberapa tantangan seperti manajemen waktu dan bimbingan yang intensif untuk peserta didik tertentu. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman mengenai efektivitas metode Tilawati dalam konteks pembelajaran Al-Qur'an di MI Ma'arif Pagerwojo. Implikasi hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan kurikulum dan metode pembelajaran Al-Qur'an yang lebih efektif di lembaga pendidikan Islam serupa.
Copyrights © 2024