Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar nomor 2 Pangsan mulai dari tahap perencanaan implementasi kurikulum merdeka, proses pelaksanaan kurikulum merdeka dan bagaimana proses evaluasi pelaksanaan kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Nomor 2 Pangsan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek penelitian kali ini adalah siswa kelas II dan guru wali kelas II yang mengajar di kelas II SD NO 2 Pangsan tahun 2024. Sumber data untuk penelitian ini adalah data primer diperoleh dari hasil wawancara dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara terstruktur dan metode dokumentasi. Tahapan penelitian ini dilakukan dengan persiapan penelitian, pelaksanaan penelitian dan penyelesaian penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model miles & huberman yang terdiri dari tiga tahap reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SD NO 2 Pangsan sudah berjalan dengan baik, akan tetapi ada beberapa tantangan yang dihadapi, guru dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam mempersiapakan media ajar dan juga modul ajar yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
Copyrights © 2024