Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 10, No 1 (2024)

Desain Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual untuk Tingkat SMA/MA pada Pokok Bahasan Induksi Elektromagnetik

Ammalia, Nur Rizka (Unknown)
Zahriah, Zahriah (Unknown)
Meutiawati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Fakta dilapangan menunjukkan bahwa selama ini bahan ajar yang di gunakan guru hanya buku paket. Sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang menarik. Oleh karena itu, media audio visual di kembangkan guna untuk mempermudah peserta didik dalam memahami dan mempelajari ulang materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengetahui tingkat kelayakan terhadap media pembelajaran audio visual pada materi induksi elektromagnetik yang di kembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan model ADDIE terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli media dan 2 ahli materi. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran audio visual berdasarkan kualitas media diperoleh hasil persentase 90% dengan kriteria kelayakan sangat layak, kelayakan berdasarkan ahli materi mendapat hasil persentase 80,8% dengan kriteria layak, dan memperoleh hasil keseluruhan 85,4% dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual pada materi induksi elektromagnetik tingkat SMA/MA sangat layak di gunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...