Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 3 Nomor 3 Tahun 2024

Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di Pendidikan Sekolah Menengah

Nurhikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian (1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kepercayaan diri siswa. (2) Untuk mengetahui gambaran pelaksanaan teknik Assertive Training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa .(3) Untuk mengetahui apakah penerapan teknik Assertive Training dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen (Quasi Eksperiment Design) dalam bentuk Non Equaevalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data mealui Skala dan Observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Kepercayaan diri pada kelompok eksperimen pada saat pretest pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada kelompok kontrol pada saat pretest berada pada kategori rendah dan pada saat posttest berada pada kategori rendah.. Penerapan Teknik Assertive Training dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...