Kebijakan zonasi pada sekolah menengah atas telah diterapkan di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kota Jayapura. Kebijakan ini bertujuan untuk meratakan akses pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengatur penyebaran siswa ke berbagai sekolah. Namun, seperti kebijakan lainnya, kebijakan zonasi juga memiliki implikasi sosial dan akademis yang perlu dianalisis secara mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis deskriptif terhadap implikasi sosial dan akademis kebijakan zonasi pada sekolah menengah atas di Kota Jayapura. Implikasi sosial kebijakan zonasi melibatkan dampak terhadap pemerataan akses pendidikan, keadilan sosial, dan integrasi sosial antara beragam kelompok masyarakat. Melalui analisis deskriptif, dapat diidentifikasi apakah kebijakan zonasi berhasil dalam menciptakan kesetaraan akses pendidikan bagi semua warga masyarakat di Kota Jayapura. Sementara itu, implikasi akademis kebijakan zonasi melibatkan aspek kualitas pendidikan, pencapaian akademis siswa, dan upaya peningkatan mutu sekolah. Analisis ini akan membantu dalam memahami apakah kebijakan zonasi berdampak positif terhadap kualitas pendidikan dan pencapaian akademis siswa di sekolah menengah atas di Kota Jayapura. Dengan menggali lebih dalam implikasi sosial dan akademis kebijakan zonasi, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif tentang efektivitas kebijakan tersebut dalam konteks lokal Kota Jayapura. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan berharga bagi pengambil kebijakan dalam upaya meningkatkan akses dan kualitas pendidikan di daerah tersebut serta dapat menjadi dasar bagi penelitian lebih lanjut dalam bidang kebijakan pendidikan.
Copyrights © 2023