NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan
Vol. 5 No. 1 (2024)

Hubungan Rasa Percaya Diri Dengan Keaktifan Belajar: Studi Kasus Mahasiswa ITBKPP Sentani

Septikasari, Dian (Unknown)
Purba, Rispah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2024

Abstract

Kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tentu akan lebih mudah tercapai apabila peserta didik berperan serta aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar mahasiswa apakah ada hubungannya dengan rasa percaya diri: studi kasus pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 mahasiswa. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling sebanyak 60 sampel mahasiswa. Dari data yang telah diuji, dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri tidak berkorelasi dengan keaktifan belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada angka signifikan lebih besar dari taraf signifikansi yang disyaratkan (0,936 > 0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

NOKEN

Publisher

Subject

Education

Description

NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Pendidikan Universitas Cenderawasih. Ruang lingkup jurnal berfokus pada kajian pengelolaan di semua jenjang pendidikan, diterbitkan sebanyak dua kali dalam setahun, yakni bulan Juni dan ...