Pendahuluan: Kontribusi mahasiswa dalam menghasilkan publikasi ilmiah mempunyai peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Salah satu penilaian tingkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi suatu negara yaitu jumlah publikasinya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di lingkungan Fakultas Pertanian dan Kehutanan UMPR menunjukkan bahwa jumlah mahasiswa aktif tidak sebanding dengan jumlah karya ilmiah yang dipublikasikan terutama pada jurnal nasional terakreditasi.Tujuan: Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memotivasi dan menstimulasi kesadaran mahasiswa tentang pentingnya menulis artikel ilmiah hingga proses publikasinya khususnya pada jurnal nasional terakreditasi, selain itu juga memberikan informasi tentang tata cara submit artikel hingga published, SINTA (Science and Technology Index), OJS (Open Journal System), dan plagiarisme serta cara menghindarinya.Metode: Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan pemberian materi metode ceramah dan diskusi dua arah yang kemudian di evaluasi menggunakan kuisioner pre-test dan post-test yang diolah secara statistik.Hasil: Jumlah mahasiswa Fapertahut UMPR yang hadir pada kegiatan ini yaitu 20 peserta. Hasil evaluasi penilaian pre-test dan post-test terdapat 12 peserta yang mengalami kenaikan nilai post-test, 5 peserta dengan nilai yang sama baik pre-test dan post-test dan 3 peserta mengalami penurunan nilai post-test. Hasil uji statistika Wilcoxon didapatkan P= 0.019 (P<0.05).Simpulan: Kegiatan coaching clinic ini memberikan peningkatan pengetahuan tentang penulisan artikel ilmiah pada jurnal nasional terakreditasi bagi mahasiswa Fapertahut UMPR dengan hasil uji statistik P= 0.019.
Copyrights © 2024