Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 3 (2023): November

Qualitative Research in Geometry: ExamView as an Application in Facilitating Question Input in Moodle

Listiani, Tanti (Unknown)
Maharani, Rizqona (Unknown)
Chong, Seng Tong (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi untuk memudahkan pembelajaran adalah Moodle. Namun, kesulitan mengelola moodle sering dirasakan. Pada mata kuliah geometri misalnya, dosen merasa waktu yang digunakan untuk menginput soal yang berisi rumus matematika dan gambar cukup lama dan kurang efektif. ExamView merupakan aplikasi yang diprediksi dapat menjadi solusi permasalahan tersebut. Subyek penelitian deskripsi kualitatif ini yaitu dosen yang menggunakan aplikasi ExamView. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi ExamView dapat membantu dosen dalam menginput soal khususnya soal pilihan ganda yang karakternya berupa soal dengan banyak rumus dan soal bergambar. Penggunaan ExamView cocok untuk kelas paralel yang didukung oleh beberapa dosen. Dosen hanya perlu mengimpor soal dalam format ZIP dari ExamView dan tidak perlu melakukan input manual untuk setiap kelas. ExamView dapat dijadikan alternatif bagi dosen dalam menyusun soal-soal ujian di kelas paralel karena dosen tinggal mengunggah dan mengaturnya di Moodle. One technological development to facilitate learning is Moodle. However, difficulties in managing Moodle are often felt. In geometry courses, for example, lecturers think that the time spent inputting questions containing mathematical formulas and pictures is quite long and less effective. ExamView is an application that is predicted to be a solution to this problem. The subjects of this qualitative descriptive research are lecturers who use the ExamView application. The research results show that the ExamView application can help lecturers in input questions, especially multiple-choice questions characterized by questions with lots of formulas and pictorial questions. The use of ExamView is suitable for parallel classes supported by several lecturers. Lecturers only need to import questions in ZIP format from ExamView and do not need to do manual input for each class. ExamView can be an alternative for lecturers to compie exam questions in parallel classes because lecturers need to upload and organize them in Moodle.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...