Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Maret

Analysis of Critical Mathematical Thinking Skills in Level 1 Cadets of Surabaya Maritime

Rahmawati, Tanti Diyah (Unknown)
Santoso, Agus Dwi (Unknown)
Kristanto, Vigih Heri (Unknown)
Prisetia Rini, Ambar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan seseorang untuk mengajukan dan menganalisis informasi, membuat kesimpulan berdasarkan bukti, dan mengevaluasi proses berpikirnya sendiri. Dalam konteks taruna, kemampuan berpikir kritis matematis penting karena banyak tugas yang membutuhkan pemecahan masalah dalam mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis matematis pada seorang taruna. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian yaitu taruna Politeknik Maritim Surabaya Jenjang 1 Program Studi Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal. Data dikumpulkan melalui tes uraian berpikir kritis dan dianalisis secara deskriptif sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis subjek memiliki berbagai Interpretasi dari kategori rendah, cukup dan tinggi. Pada indikator Analisis, 64% subjek berada pada kategori cukup, pada tahap evaluasi, 71 % termasuk katefori tinggi, dan pada indikator inferensi, 74 % juga pada kategori tinggi. Secara keseluruhan kemampuan taruna dalam berpikir kritis memiliki persentase 64,75% dengan kategori cukup. Critical thinking skills are needed by someone to submit and analyze information, make conclusions based on evidence, and evaluate their thinking processes. Mathematical critical thinking skills are important in cadets because many tasks require problem-solving when making decisions. This study aims to determine how mathematical critical thinking skills are in a cadet. This study uses a descriptive method. The study subjects were cadets of the Surabaya Maritime Polytechnic Level 1, Ship Machinery Engineering Technology Study Program. Data were collected through critical thinking essay tests and analyzed descriptively according to the indicators of critical thinking skills. The results showed that the subjects' essential skills of thinking had various interpretations from the low, sufficient, and high categories. In the Analysis indicator, 64% of subjects were in the sufficient category, in the evaluation stage, 71% were in the high category, and in the inference indicator, 74% were also in the high category. Overall, the cadets' ability to think critically had a percentage of 64.75% with a sufficient category.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...