Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Konsepsi (November)

Implementasi penggunaan LKS berbasis model problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 41 batu putih palopo

Hapipa, Nur (Unknown)
Munir, Nilam Permatasari (Unknown)
Nasaruddin, Nasaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

PeneIitian ini mengkaji tentang Implementasi Penggunaan LKS Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 41 Batu Putih Palopo. yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 41 Batu Putih. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa menggunakan LKS berbasis model problem based learning di kelas V SDN 41 Batu Putih serta untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa meningkat setelah menggunakan LKS berbasis model problem based learning. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Pengumpulan data melalui catatan lapangan, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan; 1) melalui implementasi penerapan LKS berbasis model problem based learning diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V pada siklus I pada pretest sebesar 0 % dan posttest sebesar 25 %, dan mengalami peningkatan pada siklus II pada pretest sebesar 50 % dan posttest sebesar 100 %. Maka, tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 75 %. 2) Aktivitas belajar siswa yang telah dilaksanakan selama dua siklus berdasarkan hasil analisis pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 63 %. Kemudian pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 76 %. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 13 % dan telah mencapai target keberhasilan penelitian sebesar 70 % untuk keaktifan belajar siswa. 3) Melalui implementasi penerapan LKS berbasis model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas V di SDN 41 Batu Putih dengan tercapainya target ketuntasan penelitian dan siswa dapat mencapai nilai KKM berdasarkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...