Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 3 (2024): Januari

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa

Hafid, Abdul (Unknown)
Rosmalah, Rosmalah (Unknown)
Hafidah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian PTK yang bertujuan untuk mendesripsikan penerapan model   pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS  dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas  IV  di  SD Inpres 12/79 Tunreng Tellue Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 siswa dan guru wali kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu mereduksi data, mendeskripsikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I sebanyak 71,42% atau 15 siswa memperoleh nilai rata-rata 74,76 berada pada kategori cukup (C) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 85,71% atau 18 siswa dengan nilai rata-rata 82,14 berada pada kategori baik (B). Kesimpulkan penelitian ini adalah model pembelajaran  Problem Based Learning berbasis HOTS  dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpres 12/79 Tunreng Tellue Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone.Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis HOTS; Hasil Belajar Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...