Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 1 (2024): Juli

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Siswa Kelas V

Winanda, Wirda (Unknown)
Sudirman, Sudirman (Unknown)
Rahmi, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dengan cara reduksi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor angket siswa pada siklus I yaitu 2,55 dengan persentase ketuntasan 63,75% atau dalam kategori rendah, yang kemudian meningkat sebesar 22,75% pada siklus II menjadi 3,46 dengan persentase 86,50% atau dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...