Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas V SDN 21 Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 16 siswa dan guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data dengan cara reduksi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata skor angket siswa pada siklus I yaitu 2,55 dengan persentase ketuntasan 63,75% atau dalam kategori rendah, yang kemudian meningkat sebesar 22,75% pada siklus II menjadi 3,46 dengan persentase 86,50% atau dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024