Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

HUBUNGAN GAYA MENGAJAR INTERAKSIONAL GURU DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI KELAS TINGGI UPT SD NEGERI 3 TANRUTEDONG KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDRAP)

DH, Satriani (Unknown)
Hafid, Abd. (Unknown)
Daming, Nur Ichwaniar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya belajar visual dengan hasil belajar siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue  Kabupaten Sidrap. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong dan jumlah sampel penelitian ini adalah 94 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah angket sebagai instrumen penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Gaya mengajar interaksional dengan rata-rata sebesar 71,40 dan pada kategori baik dan motivasi belajar siswa dengan rata-rata sebesar 70,54 dan pada kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dengan motivasi belajar siswa dengan koefisien sebesar 0,279 dan berada pada kategori hubungan rendah. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Kesimpulan penelitiannya yaitu ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar interaksional guru dengan hasil belajar IPS siswa kelas tinggi UPT SD Negeri 3 Tanrutedong Kecamatan Dua Pitue Kabupaten Sidrap.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...