Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 1 (2024): Juli

Peran Orang Tua Dalam Motivasi Belajar Anak Di Rumah (Studi Pada Anak Jenjang SD Kartika XIII-I Ambon)

Solissa, Karmenita (Unknown)
Johannes, Nathalia Yohana (Unknown)
Abdurrachman, Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di rumah studi pada anak jenjang SD Kartika XIII-I Ambon. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari kuisioner, dimana data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan tiga macam statistik yaitu editing, tabulasi data dan representase. Populasi pada penelitian ini adalah semua orang tua di SD Kartika XIII-I Ambon yang berjumlah 63, dengan sampel orang tua yang memiliki anak yang bersekolah pada Jenjang SD Kartika XIII-I Ambon yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam memotivasi belajar anak di rumah (studi pada anak jenjang SD Kartika XIII-I Ambon) kurang baik. hal ini dapat diketahui dari empat indikator yang menjadi tolak ukur, nilai rata-rata masing-masing indikator masih berada pada kategori kurang baik berdasarkan kualifikasi pengukurannya yaitu sebesar 25,002% pada indikator peran orang tua sebagai pendidik, 19,972% pada indikator orang tua sebagai pendorong 33,33% pada indikator orang tua sebagai penuntun, 33,33% pada indikator orang tua sebagai temanĀ 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...