Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Vol. 14 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (April 2025)

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS (STEM) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK KELAS XI SMK NEGERI 1 KEDIRI

Asfihani, Mohammad Zunaidi (Unknown)
Joko, Joko (Unknown)
Rijanto, Tri (Unknown)
Achmad, Fendi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis masalah berbasis saintifik saat ini di SMKN 1 Kediri belum berhasil mendorong peserta didik untuk menyusun strategi pembelajarannya sendiri. Tujuan penelitian ini ada tiga: pertama, untuk mengetahui seberapa besar kemandirian belajar peserta didik apabila digunakan model Project Based Learning dengan fokus STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics); kedua, untuk mengetahui seberapa mandiri belajar peserta didik bila model digunakan dengan fokus saintifik. Terakhir, membandingkan kemandirian pembelajaran peserta didik yang diajarkan model dengan fokus STEM dengan mereka yang diajarkan dengan fokus ilmiah akan mengungkapkan seberapa besar perbedaan kedua pendekatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Salah satu manfaat memasukkan pendekatan STEM ke dalam paradigma Pembelajaran Berbasis Proyek adalah peningkatan yang cukup besar dalam kapasitas peserta didik untuk belajar mandiri (skor tes gain yang dinormalisasi = 0,7040, dinilai tinggi). Temuan kedua adalah kemandirian belajar peserta didik meningkat ketika metode saintifik digunakan dengan model Project Based Learning (median hasil uji gain ternormalisasi = 0,5591). Poin ketiga adalah bahwa kedua gaya pengajaran tersebut menghasilkan tingkat otonomi peserta didik yang sangat berbeda di kelas. Skor rata-rata kelompok kontrol adalah 76,29, sedangkan kelompok eksperimen memiliki skor yang jauh lebih tinggi yaitu 86.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal-pendidikan-teknik-elektro

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering

Description

Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) merupakan jurnal yang dikelola secara profesional dan diterbitkan oleh Universitas Negeri Surabaya untuk membantu para akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarkan hasil penelitiannya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro (JPTE) adalah jurnal blind ...