Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 1 (2024)

Penggunaan Media Grafis Dalam Mempermudah Pemahaman Peserta didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas 1 Di MI Darut Taqwa Purwosari

Nur Faiza (Unknown)
Wiwin Fachrudin Yusuf (Unknown)
Achmad Yusuf (Unknown)
Askhabul Kirom (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2024

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan terhadap penggunaan media grafis, mencakup jenis, langkah-langkah dalam penggunaannya serta kelemahan dan kelebihan penggunaan media grafis. Namun, artikel ini lebih memfokuskan kajiannya terhadap penggunaan media grafis yang dirasa dapat mempermudah pemahaman pada mata pelajaran fiqih kelas 1. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik fokus perhatian peserta didik  dikelas akan lebih tertuju pada satu hal yang lebih kongkrit, hal ini merupakan salah satu faktor untuk mempermudah pemahaman mereka dalam proses belajar. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  penggunaan media grafis dalam penyampaian pembelajaran fiqih di kelas 1 terbukti dapat mempermudah pemahaman mereka mengenai apa yang sampaikan dan mengurangi kesulitan pendidik dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media grafis juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik  dan dilengkapi warna-warna yang menarik sehingga peserta didik   tidak bosan saat pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah terlalu sulit untuk pembagian sub bab materi yang banyak dalam kelaompok besar dan membutuhkan kejelian pendidik untuk memanfaatkan media grafis tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...