Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan terhadap penggunaan media grafis, mencakup jenis, langkah-langkah dalam penggunaannya serta kelemahan dan kelebihan penggunaan media grafis. Namun, artikel ini lebih memfokuskan kajiannya terhadap penggunaan media grafis yang dirasa dapat mempermudah pemahaman pada mata pelajaran fiqih kelas 1. Dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik fokus perhatian peserta didik dikelas akan lebih tertuju pada satu hal yang lebih kongkrit, hal ini merupakan salah satu faktor untuk mempermudah pemahaman mereka dalam proses belajar. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. penggunaan media grafis dalam penyampaian pembelajaran fiqih di kelas 1 terbukti dapat mempermudah pemahaman mereka mengenai apa yang sampaikan dan mengurangi kesulitan pendidik dalam proses pembelajaran. Selain itu, penggunaan media grafis juga mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik dan dilengkapi warna-warna yang menarik sehingga peserta didik tidak bosan saat pembelajaran. Sedangkan kelemahannya adalah terlalu sulit untuk pembagian sub bab materi yang banyak dalam kelaompok besar dan membutuhkan kejelian pendidik untuk memanfaatkan media grafis tersebut.
Copyrights © 2024