Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 10 No. 2 (2024)

Persepsi Masyarakat Terhadap Pendidikan Agama Islam Di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan Pasuruan

Faizatul Qolbiyah (Unknown)
Muhammada (Unknown)
Ahmad Ma’ruf (Unknown)
Achmad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Persepsi merupakan suatu proses yang dipelajari melalui interaksi dari lingkungan sekitar. Persepsi   diberikan seseorang bisa menjadi tanggapan positif dan negatif. Tanggapan positif yang berarti tanggapan yang baik berupa rasa senang sehingga dalam memberikan respon dan selanjutnya akan menampakkan kecenderungan untuk berbuat. Latar belakang penelitian ini yakni pendidikan merupakan hak dari setiap anak yang seharusnya diberikan oleh orang tua terhadap anaknya dalam keluarga terutama pendidikan Agama Islam. Akan tetapi realitanya hal tersebut tidak dapat diberikan karena kesibukan orang tua dalam bekerja untuk mencukupi kebutuhan dalam rumah tangga, selain itu masyarakat juga memiliki minat rendah pada lembaga pendidikan yang berbasis Agama dan juga kurangnya pengetahuan masyarakat tentang lembaga pendidikan yang berbasis Agama.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pendidikan Agama Islam di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan latar Masyarakat muslim Desa Karangjati Kecamatan Pandaan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian ujian keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pemahaman Masyarakat tentang Agama Islam di Desa Karangjati Kecamatan Pandaan terbilang cukup baik. Mereka memiliki pandangan bahwasannya Agama Islam tidak hanya berkaitan dengan ibadah saja melainkan juga untuk kehidupan bermasyarakat. 2) Tanggapan Masyarakat Desa Karangjati Kecamatan Pandaan tentang pendidikan Agama Islam, pendidikan Agama Islam akan menghasilakan anak-anak yang berakhlak baik berpengetahuan Islami serta pendidikan ini merupakan tanggungjawab bersama. 3) Peran dalam pelaksanaan pendidikan Agama Islam berjalan dengan baik, hal ini telihat dari kegiatan masyarakat yang ikut dalam kegiatan keagamaan dan anak-anak yang ikut kegiatan TPQ dan Madrasah Dniyah setiap hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...