Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat)
Vol 6, No 6 (2023): Jurnal PkM: Pengabdian kepada Masyarakat

Mengembangkan Kemampuan Berliterasi Siswa Menggunakan Aplikasi Let’s Read pada Bimbingan Belajar Gama Ui

Nurlaela, Nurlaela (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Perdana, Surya (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Tiara, Tiara (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Literasi merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa, dimana kemampuan tersebut menggunakan potensi dan keterampilan siswa untuk mengolah dan memahami informasi pada saat membaca dan menulis. Let’s Read adalah salah satu platform perpustakaan digital yang diciptakan sebagai konten pendidikan. Dalam pembelajaran perlu dilakukan kegiatan untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru dalam berinovasi khususnya meningkatkan keterampilan literasi siswa. Kegiatan tersebut bertujuan agar guru mampu meningkatkan minat membaca serta budaya suka membaca pada siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dilakukan pengabdian kepada masyarakat di bimbingan belajar Gama UI Pondok Labu. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman serta keterampilan guru menggunakan aplikasi Let’s Read agar minat membaca serta budaya suka membaca pada siswa meningkat. Metode pengabdian yang dilakukan adalah dengan cara observasi dan melaksanakan workshop secara online. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan terjadi peningkatan kemampuan guru, dilihat dari score pre-test dan post-test, guru di bimbingan belajar Gama UI Pondok Labu mengalami peningkatan pemahaman terhadap aplikasi Let’s Read, sehingga guru mampu berinovasi dalam pembelajaran guna meningkatkan minat membaca serta budaya suka membaca pada siswa. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) focuses on publishing articles about the results of community service activities in any form, whether in the form of products or in the form of modules and methods. This journal contains publications from all fields of science, both education, arts and ...