Al-Lahjah : Jurnal Pendidikan, Bahasa Arab dan Kajian Linguistik Arab
Vol. 7 No. 2 (2024): Juli

Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Membaca Teks Arab pada Siswa serta Alternatif Peningkatan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah

Ma'ruf, Mahir Arriyadli (Unknown)
Mathoriyah, Lailatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh anggota komunitas untuk berhubungan satu sama lain. Salah satu bahasa Semit yang masih aktif digunakan hingga saat ini adalah bahasa Arab. Status bahasa Arab sebagai bahasa yang dipilih Allah untuk Al-Qur'an dan sebagai bahasa agama menjadikannya tetap relevan. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis kesalahan sintaksis dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pada siswa kelas 8 MTs H. Agussalim Gudo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan I’rab, meliputi Rafa’, Nashab, Jer, dan huruf, sering terjadi pada siswa. Kekurangan dalam pemahaman I’rab pada teks Arab ditemukan sebagai masalah yang signifikan, mengingat pentingnya bahasa Arab dalam sistem pendidikan di Indonesia, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab, antara lain melalui pelatihan guru, penggunaan metode pengajaran yang bervariasi, peningkatan latihan membaca, penyediaan materi ajar yang relevan, kelas tambahan, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, serta monitoring dan evaluasi berkala.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lahjah

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL AL-LAHJAH adalah jurnal terbitan berkala dalam bidang kajian pendidikan dan sastra arab yang diterbitkan oleh LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. Publikasi pada jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan Januari dan Juli serta menekankan pada hasil penelitian. Al-Lahjah ...