Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 1 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI MTS AN-NUR NURUL FAJRI

Ananda Pratiwi (Unknown)
Nuris Zakiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan media sosial terhadap proses pembelajaran siswa, serta menganalisis berbagai pengaruh positif maupun negatif dari penggunaan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengaruh media sosial terhadap proses pembelajaran siswa. Metode pengumpulan data dari penelitian ini terdiri dari studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi, media pembelajaran, serta dapat mengakses berbagai informasi. Pemanfaatan media sosial tersebut dapat mempermudah proses pembelajaran yang dibantu oleh berbagai aplikasi yang ada di media sosial seperti Wikipedia, Jurnal atau Web, WhatsApp, dan YouTube. Pengaruh positif penggunaan media sosial tersebut yaitu dapat memudahkan siswa dalam mencari berbagai informasi, dapat mengasah keterampilan siswa, sarana mengekspresikan diri, sebagai media pembelajaran, serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Sedangkan disisi lain, pengaruh negatif dari penggunaan media sosial yaitu siswa menjadi kecanduan dan cenderung menjadi malas-malasan dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...