Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 3 No. 9 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

PENERAPAN SISTEM BELAJAR YANG EFEKTIF DENGAN PROGRAM MENTORING DI RUMAH BACA QUR’AN UMMU HASNA

Fajar Utama Ritonga (Unknown)
Erni Asneli Asbi (Unknown)
Raden Putra Thabah Al-Futhuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran efektif merupakan sebuah proses perubahan seseorang dalam tingkah laku dari hasil pembelajaran yang ia dapatkan dari pengalaman dirinya dan dari lingkungannya yang membawa pengaruh, makna, dan manfaat tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem belajar yang efektif dengan program mentoring di Rumah Baca Qur’an Ummu Hasna. Implementasi Mentoring di Rumah Baca Qura’an Ummu Hasna yang terus bertumbuh berhasil meningkatkan kemampuan diri siswa dalam menyesuaikan dirinya dengan perubahan-perubahan yang berkembang dan mau mendengarkan arahan guru serta orang yang berkepentingan lainnya, serta meningkatkan efektivitas dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian data dikumpulkan dengan menggunakan teknik-teknik pengumpulan data yang tepat. Untuk itu dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik atau metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, Analisis data penelitian ini dilakukan dengan empat jalur yang bersamaan yaitu : Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...