Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Strategi Komunikasi Satpol PP Kota Pekanbaru dalam sosialisasi pemanfaatan aplikasiSim Linmas. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan suatu situasi atau proses dari objek yag diamati dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari lima orang yang berasal dari tempat penelitian dan juga peserta sosialisasi yaitu anggota Satlinmas. Peneliti menggunakan teori komponen strategi komunikasi yang memiliki empat faktor yaitu mengenali sasaran komunikasi, memilih media komunikasi, pengkajian tujuan pesan, peran komunikator dalam komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Satpol PP Kota Pekanbaru memiliki strategi-strategi komunikasi di dalam program sosialisasi seperti penyuluhan, pembinaan dan pendampingan kepada anggota Satlinmas dalam pemanfaatan aplikasi Sim Linmas untuk menunjang kinerjanya. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Sosialisasi, Aplikasi Abstract This study aims to find out how the communication strategy of the Pekanbaru City Satpol PP Communication Strategy in socializing the use of the Sim Linmas application. This study uses a descriptive qualitative approach that describes a situation or process of the observed object by way of observation, interviews and documentation. The informants in this study consisted of five people who came from the research location and also socialization participants, namely Satlinmas members. The researcher uses the component theory of communication strategy which has four factors, namely identifying communication goals, selecting communication media, assessing the purpose of the message, and the role of the communicator in communication. The results of the study show that the Pekanbaru City Satpol PP has communication strategies in socialization programs such as counseling, coaching and assistance to Satlinmas members in utilizing the Sim Linmas application to support their performance. Keywords: Strategy, Communication, Outreach, Application
Copyrights © 2024