Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 8 (2024): Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial

PERSEPSI MAHASISWA STISIP PERSADA BUNDA TERHADAP STOP CYBER BULLYING DALAM IKLAN LAYANAN MASYARAKAT GLOBAL TV

Saudi, Ahmad (Unknown)
Maal Abrar (Unknown)
A’ang Chaarnaillan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa dalam memandang iklan layanan masyakat bertema stop cyber bullying ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang menangkap fenomena-fenomena yang ada dilapangan kemudian dikaji lebih mendalam untuk menganalisa pandangan mahasiswa terhapat iklan layanan masyarakat stop cyber bullying dan dikaji lebih dalam lagi. Informasi yang diperoleh akan disusun dalam teks dan menekankan pada masalah proses serta makna.. Penelitian ini menggunakan teori persepsi untuk mengetahui bagaimana persepsi yang muncul pada mahasiswa setelah melihat tayangan iklan layanan masyarakat stop cyber bullying dan hasil wawancara mengenai persepsi tersebut dari keenam informan penelitian mengungkapkan dan memberikan pandangan mereka terhadap tayangan iklan tersebut yang sangat bermanfaat untuk mengedukasi masyarakat agar menggunakan media sosial dengan bijak serta memiliki harapan yang sama agar kegiatan cyber bullying dapat diminimalisir sehingga kita dapat menggunakan media sosial dengan nyaman dan aman serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dari maraknya cyber bullying itu. Kata Kunci : Persepsi, Iklan Layanan Masyarakat, Penindasan Dunia Maya Absract The aim of this research is to find out how students perceive this public service advertisement with the theme stop cyber bullying. This research uses descriptive qualitative methods, namely research that captures phenomena in the field and then studied in more depth to analyze students' views on stop cyber bullying public service advertisements and studied in more depth. The information obtained will be arranged in text and emphasize issues of process and meaning. This research uses perception theory to find out what perceptions emerge among students after seeing public service advertisements to stop cyber bullying and the results of interviews regarding these perceptions from the six research informants reveal and provide their views on the advertising broadcast which is very useful for educating the public to use social media wisely and have the same hope that cyber bullying activities can be minimized so that we can use social media comfortably and safely and avoid unwanted things from the rise of cyber bullying. Keywords: Perception, Public Service Advertisements, Cyber ​​Bullying

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

triwikrama

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial Triwikrama Journal uses a license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works. This license permits anyone to compose, repair, and make derivative creation even for commercial purposes, ...