Masalah pokok penelitian tesis ini adalah bagaimana penguatan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik pada lingkungan minoritas muslim di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Tesis ini bertujuan: Untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik pada lingkungan minoritas muslim di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field reaserch menggunakan pendekatan pedagogik dan teologis. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, peserta didik dan Orang tua yang dipilih dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Penguatan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik pada lingkungan minoritas muslim di SMA Negeri 1 Toraja Utara meliputi: a) Kegiatan ekstrakurikuler meliputi: (1) Program tahsin, (2) amaliyah ramadhan (3) peringatan hari besar Islam (4) pembiasaan Islami dan b) Melalui kolaborasi pihak sekolah terutama guru PAI dengan orang tua peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024