Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 9 No. 1 (2024): Kelola: Journal of Islamic Education Management

PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK PADA LINGKUNGAN MINORITAS MUSLIM DI SMA NEGERI 1 TORAJA UTARA

Palampin, Waldi Palampin (Unknown)
K, Nurdin (Unknown)
Sanusi, Syamsu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Masalah pokok penelitian tesis ini adalah bagaimana penguatan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik pada lingkungan minoritas muslim di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Tesis ini bertujuan: Untuk mendeskripsikan bagaimana penguatan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik pada lingkungan minoritas muslim di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian field reaserch menggunakan pendekatan pedagogik dan teologis. Lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Subjek penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru PAI, peserta didik dan Orang tua yang dipilih dengan teknik snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triagulasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa Penguatan Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik pada lingkungan minoritas muslim di SMA Negeri 1 Toraja Utara meliputi: a) Kegiatan ekstrakurikuler meliputi: (1) Program tahsin, (2) amaliyah ramadhan (3) peringatan hari besar Islam (4) pembiasaan Islami dan b) Melalui kolaborasi pihak sekolah terutama guru PAI dengan orang tua peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...