Kelola: Journal of Islamic Education Management
Vol. 9 No. 1 (2024): Kelola: Journal of Islamic Education Management

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA

R, Nurhidayah (Unknown)
Bahri, Aliem (Unknown)
Rajab, Abd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Efektif Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Murid Kelas V SDN 149 Buntu Dama Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk Menguji Tingkat Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Murid Kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis One Group pretest-posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 167 Buntu Dama Kabupaten Enrekang sebanyak 22 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan hasil penilaian keterampilan menyimak cerita. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial ini penelitian ini menggunakan teknik statistik t(uji-t). Hasil penelitian membuktikan bahwa t Hitung 14.339 dan t tabel 1,721maka diperoleh tHitung > tTabel atau 14.339 > 1,721. Berdasarkan hasil dari t Hitung dan t Tabel, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran paired storytelling efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SDN 167 Buntu Dama Kecamatan Baroko Kabupaten Enrekang. Kata Kunci : Model Paired Storytelling, Keterampilan Menyimak Cerita.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kelola

Publisher

Subject

Education Other

Description

is a journal that supports discussion and learning in Islamic education management. This journal, published twice in Kelola, accepts published from all management educators who are approved to reflect on their professional practice and to facilitate readers in exploring what or how to teach students ...