Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK); (2) kontribusi kebijakan ANBK dalam meningkatkan kualitas pendidikan; serta (3) evaluasi dan rekomendasi dalam penerapan kebijakan ANBK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Mojokerto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dalam melaksanakan ANBK sekolah menggunakan moda semi online. Sebelum pelaksanaan ANBK sekolah menyelenggarakan sesi pelatihan bagi siswa untuk memahami tata cara penggunaan platform ujian online dan mempersiapkan siswa terhadap jenis soal literasi dan numerasi; (2) kebijakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) memberikan kontribusi yang positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Namun pemerintah perlu memaksimalkan pelaksanaannya karena masih terdapat kekurangan informasi di berbagai sekolah mengenai hasil tindak lanjut dari kebijakan ANBK; (3) pelaksanaan ANBK perlu dilakukan evaluasi dan rekomendasi terkait insfrasturktur dan teknologi, sosialisasi mengenai hasil tindak lanjut dari rapor pendidikan, perumusan indikator dalam penentuan sampel siswa, peningkatan motivasi siswa, serta penyelarasan antara kurikulum pembelajaran dan materi yang diujikan dalam ANBK. Kata kunci: Optimalisasi sistem pendidikan, kebijakan ANBK, kualitas pendidikan
Copyrights © 2024