Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 14 No. 1 (2024): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

TELL AND SHOW: STRATEGIES FOR IMPROVING STUDENTS' WRITING

Ni Kadek Rovida (Unknown)
Ni Wayan Krismayani (Unknown)
Dewa Gede Agung Gana Kumara (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk keefektifan metode pembelajaran tell-show dalam meningkatkan tingkat kemampuan menulis pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Ubud tahun ajaran 2022/2023. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, digunakan pre-test, post-test, dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil pre-test pra siklus diketahui bahwa subjek mempunyai kemampuan menulis yang baik, khususnya dalam membuat paragraf deskriptif. Setelah itu, metodetell-show digunakan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas. Hasil post-test 1 sesi kedua menunjukkan bahwa kemajuan subjek kurang dari pre-test sebelumnya. Lebih lanjut, hasil post-test 2 menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis, yaitu dari baik menjadi sangat baik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa reaksi positif siswa terhadap metode yang digunakan. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa metode tell-show dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII di SMPN 2 Ubud pada tahun ajaran 2022/2023. Selain itu, para siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap metode ini. Guru Bahasa Inggris di SMPN 2 Ubud disarankan untuk menggunakan tell-show untuk memudahkan siswa dalam menulis. Guru juga dapat memberikan fakta pendukung dalam bentuk gambar yang sesuai dengan topik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...