Pendidikan sayogyanya merupakan sebuah proses yang menghendaki perbaikan positif dan berbagai sisi. Pelaksanaan pendidikan yang baik akan menghasilkan nilai yang baik pula, tidak terkecuali pendidikan agama Islam. Dewasa ini pelaksanaan pendidikan Islam secara khusus cenderung berjalan monoton dan kurang inovatif dalam penyajiannya. Penelitian ini mengkaji penerapan model direct instruction dalam pembelajaran Aqidah akhlak untuk menghasilkan output yang berkualitas pada siswa di MTsN Darul Ulum Banda Aceh. Hasilnya menunjukkan bahwa guru Aqidah akhlak melaksanakan proses belajar dengan cara menggunakan model direct instruction. Model ini sangat cocok dilakukan pada mata pelajaran Aqidah akhlak dimana hampir semua materinya memerlukan demonstrasi, salah satunya terkait dengan perilaku. Selain memudahkan siswa dalam memahaminya juga memberikan dampak baik terhadap perkembangan perilaku siswa sebagaimana dipraktekkan guru dan siswa secara langsung bersama-sama. Prosesnya berjalan seimbang antara teori dan praktik yang dilakukan guna mencapai perubahan perilaku siswa. Pembelajaran direct instruction memberikan dampak baik terhadap perkembangan perilaku siswa di sekolah tersebut.
Copyrights © 2023