Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh antara kompetensi pedagogik terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. 2) Mengetahui pengaruh antara kompetensi profesional terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. 3) Mengetahui Pengaruh antara kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional secara bersama-sama terhadap kemampuan literasi digital peserta didik., penelitian ini dilaksanakan di MTs Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dalam pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Tahun Pelajaran 2023/2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan literasi digital didapatkan hasil sebesar 0,395 atau 39,5% yang berarti kontribusi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kemampuan literasi digital peserta didik sebesar 39,5% 2) Terdapat pengaruh positif antara kompetensi profesional dengan kemampuan literasi digital didapatkan hasil sebesar 0,416 atau 41,6% yang berarti kontribusi pengaruh kompetensi profesional terhadap kemampuan literasi digital peserta didik sebesar 41,6% 3) Terdapat pengaruh signifikan secara simultan atau bersama-sama antara variabel independen terhadap variabel dependen, dengan nilai Fhitung sebesar 32,941 dengan nilai p value (sig) sebesar 0,000 yang berada di bawah alpha 5% (0,05), yang mana nilai R square sebesar 0,496, yang berarti bahwa variabel-variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 49,6%. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kemampuan Literasi, Literasi Digital
Copyrights © 2024