Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 11, No 1, April (2024)

PENGEMBANGAN INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DENGAN METODE BLENDED LEARNING PASCA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA

Junaedi, Dedi (Unknown)
Sahliah, Sahliah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Permasalahan pasca pandemi covid 19 tentu saja menimbulkan berbagai macam problematika bagi seluruh manusia khususnya dalam dunia pendidikan. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat merubah kebiasaan manusia. Manusia sebagai pembuat dan perubah peradaban dituntut karena manusia merupakan  makhluk yang selalu belajar. Manusia harus dapat menyesuaikan kondisi dan situasi, namun demikian kebiasaan ini dapat merubah karakter seseorang pada hal positif maupun negatif. Mata pelajaran pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran fundamental yang dapat membentuk karakter khususnya bagi umat Islam. Namun demikian, seorang pendidik dituntut agar dapat menginovasi pengembangan metode pembelajaran secara daring atau luring (blended learning) dengan menggunakan teknologi. Tujuan penelitian ini agar dapat menemukan akar permasalahan sekaligus menemukan solusi dalam mengembangkan inovasi pembelajaran PAI. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa dan guru PAI di SMK Putra Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang maksimal dalam mengembangkan inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui metode blended learning pasca pandemi Covid-19 dalam meningkatkan karakter siswa SMK Putra Gununghalu  Bandung Barat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...