Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest-postest Control Group Design. Adapun yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya yang berjumlah 30 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 yang masing-masing berjumlah 15 orang. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan angket motivasi yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik uji t (independent sample t-test) dan persentase. Hasil analisis data hasil belajar siswa diperoleh nilai thitung ttabel (thitung = 2,573 ttabel = 1,701), sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Learning Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis angket motivasi siswa diperoleh 64% siswa sangat setuju, 27,33% siswa setuju, 8% siswa kurang setuju, dan 0,67% siswa sangat tidak setuju terhadap strategi pembelajaran Start with a Question (LSQ) dalam proses pembelajaran materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya respon positif siswa terhadap penggunaan strategi pembelajaran Start with a Question (LSQ) pada materi pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan di SMPN 3 Beutong Kabupaten Nagan Raya yang mengakibatkan peningkatan motivasi belajar siswa.Kata Kunci: Learning Start with A Question (LSQ), Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Copyrights © 2020