Jurnal ABDIKU
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Abdiku

REVITALISASI PERPUSTAKAAN UNTUK PENINGKATAN LITERASI SISWA

Sudarso, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2024

Abstract

Adanya fasilitas dan tempat yang layak merupakan salah satu dorongan terciptanya minat baca dan dapat meningkatkan literasi terutama untuk generasi bangsa Indonesia. Tersedianya buku bacaanndengan adanya perpustakaan merupakan salah satu upaya yang dapattdilakukan sekolahhuntuk meningkatkan minattliterasiisiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perubahan dengan cara revitalisasi terhadap perpustakaan agar dapat meningkatkan literasi terutama pada siswa di UPTD SDN Glagga 4. Perpustakaan ini berfungsi sebagaiitempat penyimpanannbuku arsip, alat-alat dapur, dan alat bangunan. Kondisi yanggterlihattkurang layak, membuattsiswa tidak tertarikkberkunjung ke perpustakaannsekolah. Kegiatan ini memilik tujuan yang ingin dicapai yaitu membuat perpustakaan kembali berfungsi dan meningkatkan minat baca siswa dalam menambah wawasan mereka. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan dan teknik analisis data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengabdian ini: 1) Revitalisasi perpustakaan ini dilakukan dengan membersihkan, menata buku, dan mengelompokkan buku sesuai jenisnya. Berdasarkan klasifikasi, terdapat 72 buku guru, 203 buku tema, 35 buku cerita, dan 60 buku pengetahuan umum, 2) Revitalisasi perpustakaan yang lebih menarik, bersih dan juga tertata rapi. Dengan hasil pengabdian, dapat disimpulkannbahwa dengannadanya kegiatan revitalisasi perpustakaan di UPTD SDN Glagga 4 dapat meningkatkannminat bacaasiswa dannperpustakaan berfungsi kembali.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JA

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ini adalah Journal khusus pengabdian masyarakat yang diterbitkan oleh LPPM- STKIP PGRI Bangkalan yang bersifat open access yakni artinya dapat diakses terbuka oleh pengguna ataupun lembaganya tanpa biaya sesuai ketentuan lisensi yang diterbitkan oleh Common Creative. Redaksi menerima artikel ...